Ayo Bangkit sobat..!!!!!

LINGKUNGAN KOMPUTASI

Sebelum membahas apa itu ligkungan komputasi saya akan membahas apa itu komputasi. Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ini, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas yang dalam perhitungannya terkadang dibantu dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu dalam penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan agar lebih mudah biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Nah dizaman sekarang ini ilmu komputasi sering digunakan dalam berbagai lingkungan dimana dalam suatu lingkungan tersebut menggunakan system computer yang dalam melakukan kegiatan untuk membantu atau memecahkan suatu masalah lingkungan tersebutlah yang dinamakan Lingkungan komputasi. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu :

  • KOMPUTASI TRADISIONAL: Pada awalnya komputasi tradisional hanya meliputi penggunaan komputer meja ( desktop ) untuk pemakaian pribadi di kantor atau di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan yang begitu drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan komputasi berbasis jaringan sudah tidak jelas lagi.
  • KOMPUTASI BERBASIS JARINGAN: Komputasi berbasis jaringan menyediakan fasilitas pengaksesan data yang luas oleh berbagai perangkat elektronik. Akses tersedia asalkan perangkat elektronik itu terhubung dalam jaringan, baik dengan kabel maupun nirkabel.
  • KOMPUTASI EMBEDDED
  • DAN KOMPUTASI GRID

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s