Ayo Bangkit sobat..!!!!!

TELEMATIKA DI INDONESIA SAAT INI.

Sebelum menjelaskan bagaimana telematika di Indonesia saat ini saya akan menjelaskan apa itu telematika. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. kata TELEMATIKA sendiri berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:

  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Nah saat ini Pembangunan industri telematika (telekomunikasi dan informatika) di Indonesia mengalami peningkatan dari tingkat konsumsi users yaitu mencapai sekitar Rp 100 triliun, dan trennya untuk tahun 2010 akan terus meningkat. Dari RplOO triliun, nilai investasi perangkat komputasi (komputer) meningkat sekitar 20 persen, tetapi masih lebih rendah dibanding (investasi) telepon selular (ponsel) yaitu sekitar 30 persen. Investasi ponsel dibagi dalam beberapa segmen, antara lain harga ponsel, jasa layanan, modernitas fitur, dan lain sebagainya. “Tingkat penggunaan berbagai produk telematika di Indonesia, dilihat dalam perspektif investasi jelas menggembirakan. Trennya naik, dan sudah mencapai sekitar RplOO triliun per tahun. Para provider telekomunikasi di Indonesia terus mengimbangi nilai investasinya dengan kemajuan teknologinya yang terus berkembang. Jangkauan bisnisnya juga semakin luas,” Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Umum Masyarakat Telematika (Mastel) Indonesia mengatakan kepada Business News (16/7).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s